bitter.io - Free bitcoin, bitcoin advertising, ptc BTCClicks.com Banner

Manfaat Buah Sawo

Sawo adalah salah satu buah yang hanya tumbuh di daerah beriklim tropis seperti Indonesia. Rasanya pun sangat manis dan daging buahnya juga legit. Pohon sawo tumbuh di daerah yang beriklim hangat dan cerah. Bentuk buah sawo yaitu bulat atau berbentuk oval berukuran sekitar 10 cm dengan diameter dan memiliki berat kurang lebih 150 gram, memiliki biji berwarna hitam mengkilap di tengah, dagingnya berwarna cokelat dengan tekstur halus kasar dan memiliki rasa buah yang manis.

Pohon sawo dapat berbunga dan berbuah sepanjang tahun. Pohon sawo juga dapat tumbuh hingga ketinggian 2500 mdpl dan tahan terhadap kekeringan, salinitas yang agak tinggi, dan tiupan angin kencang. Buah sawo dapat dimakan dengan kulitnya, selain itu sawo matang juga dapat dibuat jus, sirup, es krim, dan karena memiliki banyak kandungan nutrisi buah sawo juga dapat dimanfaatkan sebagai obat.


Ternyata buah sawo bukan asli dari Indonesia. Buah sawo merupakan buah-buahan yang berasal dari Amerika Tengah dan telah tumbuh di seluruh Amerika Tengah sejak zaman kuno, tepatnya di Meksiko dan Belize. Bangsa Spanyol yang membawa buah sawo dari Meksiko ke Filipina dan kemungkinan dari sanalah buah sawo kemudian menyebar ke Asia Tenggara. Kini, budidaya buah sawo sudah banyak dilakukan di wilayah Karibia, Vietnam, Pakistan, Sri Lanka, Thailand, Bangladesh, Maladewa, Indonesia, dan India.

Sebelum mengetahui apa manfaat buah sawo, mari kita lihat terlebih dahulu kandungan nutrisi yang terdapat pada buah sawo ini. Kandungan nutrisi pada buah sawo sangat beragam ada vitamin, mineral, kalori dan masih banyak lagi. Sebelum membahas satu per satu nutrisinya, sebagai informasi jika buah ini berasal dari Amerika Tengah. Nama lain dari sawo adalah sapota atau nama latinnya bernama Manilkara Zapota. Berikut ini beberapa kandungan gizi yang terdapat pada buah oval tersebut antara lain, yaitu:


1.  Sumber Kalori

Pada 100 gram buah sawo yang matang terdapat 83 kalori, tak heran jika Anda memakan beberapa buah sawo maka akan terasa kenyang. Namun, harap berhati-hati bagi penderita diabetes untuk tidak mengonsumsi terlalu banyak.

2.  Serat

Buah yang tumbuh subur di daerah tropis ini selain tinggi kalori juga kaya serat. Ada penelitian yang mengatakan jika 1 buah sawo mengandung 5,6 gram serat. Jadi, sudah dipastikan jika buah sawo memiliki manfaat untuk kesehatan terutama pencernaan.

3.  Zat Antioksidan

Meskipun sawo mempunyai rasa yang manis, tetapi ternyata buah tersebut kaya akan zat antioksidan. Zat antioksidan yang terkandung adalah tanin. Senyawa tersebut termasuk dalam keluarga polifenol dan fungsinya pun juga sangat baik bagi tubuh.

4.  Sumber Vitamin dan Mineral

Tentu Anda semua mengetahui jika buah-buahan itu pasti mengandung banyak vitamin. Begitu pula pada sawo, ada beberapa vitamin penting, yaitu vitamin B9, vitamin B3 dan vitamin B5 serta vitamin C. Selain vitamin, kandungan buah sawo juga terdapat beberapa mineral penting. Ada besi, tembaga, kalium dan juga asam pantotenat yang sangat diperlukan tubuh.

5.  Protein

Memang kandungan protein pada sawo hanya 0,5 gram saja, tetapi manfaatnya bisa Anda dapatkan saat Anda rutin mengonsumsinya.

6.  Kalium

Sawo juga mengandung zat kalium yang memiliki peranan penting sebagai pencegah pendarahan. Tentu akan sangat baik apabila Anda sering mengonsumsi buah tersebut.

7.  Asam Folat

Asam folat dapat membantu pertumbuhan otak dan pada sawo juga terkandung zat yang sangat baik bagi ibu hamil tersebut.

8.  Zat Besi

Penting bagi Anda mengonsumsi makanan atau buah-buahan yang banyak mengandung zat besi. Zat besi mempunyai fungsi sebagai pembentuk sel darah merah yang sangat dibutuhkan tubuh.

9.  Sumber Lemak Yang Baik

Lemak yang terkandung pada sawo bukanlah lemak jahat melainkan lemak nabati yang sangat bersahabat bagi kesehatan Anda. Terhitung ada 1,1 gram lemak yang terdapat pada 1 buah sawo matang.

Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui


Setelah mengetahui kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buah sawo tersebut maka bisa anda ketahui manfaatnya untuk kesehatan. Berikut manfaat buah sawo untuk kesehatan anda:

1. Dapat Mencegah Kanker

Adanya kandungan vitamin A dan B dalam sawo bermanfaat membantu menjaga kesehatan lapisan lendir tubuh dan tekstur kulit. Antioksidan, serat makanan dan nutrisi yang ditemukan dalam sawo juga memberikan perlindungan terhadap kanker dan dapat mengikat karsinogen (racun) untuk melindungi selaput lender dari kanker usus besar. Sedangkan vitamin dalam sawo akan melindungi tubuh dari kanker paru-paru dan rongga mulut.
2. Dapat Menjaga Kesehatan Pencernaan Anda
Tingginya kandungan tanin dalam sawo, membuat sawo menjadi buah yang memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat penting untuk meningkatkan kondisi saluran pencernaan melalui pencegahan penyakit seperti esofagitis, enteritis,  iritasi usus dan gastritis, serta sawo juga berfungsi mengurangi peradangan. Karena kandungan seratnya yang sangat tinggi, buah sawo bermanfaat juga untuk melancarkan buang air besar. Tidak hanya itu saja, ternyata buah yang berasal dari Amerika Tengah tersebut sering digunakan sebagai obat pencahar yang alami. 
3. Sebagai Obat Diare Alami

Manfaat selanjutnya adalah sebagai obat diare yang alami. Selain sebagai obat pencahar, buah ini ternyata juga bisa mengobati diare. Cara membuatnya sangat mudah, Anda tinggal ambil beberapa buah sawo yang sudah diperas airnya, lalu minum segera.

4. Membantu Pembentukan Sel Darah Merah

Manfaat buah sawo yang lainnya adalah membantu pembentukan sel darah merah. Ini disebabkan, karena buah tersebut banyak mengandung zat besi yang diperlukan tubuh untuk membentuk sel darah. Oleh karena itu, bagi penderita anemia sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah ini. Lalu bagi ibu hamil juga wajib hukumnya memakan sawo, karena akan mengurangi rasa lemas akibat kekurangan darah.

5.  Mengobati Sariawan dan Radang Mulut

Buah sawo memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C, oleh karena itulah buah ini mampu mengobati sariawan.  Selain daging buahnya, daunnya pun bermanfat untuk kesehatan, yaitu sebagai obat radang mulut. Caranya, yaitu rebuslah beberapa lembar daun sawo, kemudian pakai untuk berkumur-kumur setiap hari.

6. Untuk Kesehatan Kulit Anda serta mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan dan kombinasi vitamin A dan C pada sawo sangat penting untuk mencegah penuaan dini, kerutan di kulit dan melindungi dari radikal bebas yang berbahaya bagi kulit sehingga kulit tampak lebih sehat.
7. Baik Untuk Kesehatan mata anda

Sawo kaya akan vitamin A yang berperan meningkatkan penglihatan bagi mereka yang berasal dari berbagai jenis usia (usia muda maupun usia tua).

8. Untuk Kesehatan Rambut Anda

Minyak yang diekstrak dari biji sawo dapat membantu melembabkan dan melembutkan rambut Anda, sehingga membuat rambut lebih mudah diatur. Selain itu minyak yang diekstrak dari biji sawo ini juga dapat memelihara kulit kepala dengan mengurangi iritasi dan rambut rontok.
9. Sebagai Sumber Energi
Sawo juga mengandung  glukosa yang bermanfaat menyediakan energi instan bagi tubuh. Oleh karena itu bagi atlet-atlet yang membutuhkan banyak energi, disarankan untuk makan sawo secara teratur.
10. Untuk kesehatan tulang anda Serta Mencegah Osteoporosis

Buah yang memiliki rasa manis tersebut juga mempunyai manfaat yang lain seperti menjaga kesehatan tulang. Mengapa bisa begitu? Karena pada sawo terdapat kandungan kalsium dan fosfor yang sangat bagus untuk tulang.

11. Mampu meningkatkan kekebalan tubuh anda

Sawo mengandung zat antioksidan dan juga vitamin C yang sangat tinggi, oleh karena itulah buah ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh bagi orang yang mengonsumsinya.

12. Sangat Baik Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Pada sawo mengandung banyak vitamin, mineral dan asam folat yang sangat baik bagi ibu hamil dan menyusui. Penting bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi buah guna membantu tumbuh kembang janin. Sawo juga akan membantu mengurangi kelemahan, mual dan pusing.

13. Sebagai anti pendarahan

Kandungan kalium yang terdapat dalam buah manis ini juga bermanfaat sebagai obat pendarahan. Kalium sendiri berperan sebagai zat yang mampu menghentikan darah pada bagian tubuh yang luka.

14. Memiliki Sifat Anti Virus dan Anti Bakteri

Kandungan polifenol pada sawo memiliki sifat anti-virus, anti-parasit dan anti-bakteri. Antioksidan mencegah bakteri masuk ke dalam tubuh manusia, vitamin C menghancurkan radikal bebas berbahaya, sedangkan kalium, zat besi dan folat, niacin, dan asam pantotenat dalam buah sawo membantu meingkatkan fungsi sistem pencernaan.
15. Sebagai Diet Alami

Buah sawo secara tidak langsung juga dapat membantu menurunkan berat badan dan mencegah obesitas dengan mengatur sekresi enzim lambung, sehingga mengatur metabolisme tubuh.
16. Melembabkan Kulit Anda

Selain mencegah penuaan dini, sawo juga mempunyai manfaat yang lain bagi kesehatan kulit, yaitu bisa melembabkan kulit. Vitamin E yang ada di dalamnya bisa membuat kulit Anda terhindar dari busik dan tentu penampilan akan semakin menarik jika Anda rutin mengonsumsi buah yang satu ini.

17. Sebagai Obat Disentri

Untuk mengobati penyakit yang satu ini Anda tinggal ambil beberapa buah sawo yang masih muda. Kemudian haluskan buah tersebut dan campuri dengan sedikit garam, konsumsi obat herbal tadi secara rutin maka disentri akan segera sembuh.

18. Mencegah Anemia

Magnesium yang terkandung dalam sawo sangat bermanfaat untuk darah dan pembuluh darah, sedangkan kalium dalam sawo akan membantu mengatur tekanan darah serta meningkatkan sirkulasi darah yang sehat. Disamping itu, kandungan folat dan zat besi dalam sawo berfungsi mencegah anemia.
Efek Samping Buah Sawo
Mengkonsumsi sawo yang masih mentah dapat menyebabkan beberapa masalah seperti iritasi mulut, gatal di tenggorokan, masalah pernapasan, dan ulkus di mulut karena mengandung lateks dan tanin.
Terlalu banyak mengkonsumsi buah sawo dapat menyebabkan perut tidak nyaman dan kemudian menyebabkan sakit perut.
Sumber:

www.google.co.id

No comments:

Post a Comment