bitter.io - Free bitcoin, bitcoin advertising, ptc BTCClicks.com Banner

Ikan Kayu (Eungkot Keumamah)

Masakan Ikan Kayu (Eungkot Keumamah) ini adalah andalan pejuang Aceh dulu saat melawan penjajah. Kenapa di bilang makanan andalan, karena Ikan Kayu (Eungkot Keumamah) ini diolah sedemikian rupa hingga bisa bertahan lama.  Hal ini juga dikarenakan bahan-bahannya  awet, tahan lama, tidak mudah basi, tapi bisa menambah nafsu makan, yg menjadikan menu Asam Keumamah ini termasuk idola para pejuang.

Kenapa dibilang Ikan Kayu, karena tekstur dari ikan ini keras seperti kayu karena telah melalui proses penjemuran dan pengasapan, hingga berwarna coklat tua dan kehitaman. Jadi bagi para pecinta kuliner nusantara makanan khas Aceh ini wajib dicoba. Diolah dengan berbagai macam rempah dan sangat nikmat disantap dengan nasi hangat, kalo kata pak Bondan "Mak Nyus" pokok nya. Dan satu lagi masakan ini semakin berhari dan jika selalu dipanaskan akan semakin nikmat, dan tidak mudah basi. Bagaimana ingin mencoba membuatnya sendiri? Berikut cara membuatnya.

Bahan-bahan:
700 gr  potong Eungkot Suree ( Ikan Tongkol)
30 bh asam sunti (belimbing wuluh yang sudah diawetkan) beli jadi saja di pasar
4 bh daun salam 5 bh cabai merah besar , buang biji, diiris halus terlebih dahulu 
2 sdm minyak untuk menumis
2 bh daun kari
2 sdt kunyit (bubuk)
1 sdt garam
1/4 sdt gula pasir
1.000 ml santan dari 1 buah kelapa
1 btg serai, diambil putihnya, kemudian memarkan terlebih dahulu
1 lbr daun pandan
Bumbu Halus:

5 bh cabai merah besar
5 bh cabai merah keriting
5 bh cabai rawit merah
5 bh asam sunti
4 siung bawang putih
6 btr bawang merah
2 cm jahe
4 sdt ketumbar
2 sdm kelapa parut, disangrai

Cara memasak:
 
Panaskan minyak terlebih dahulu, kemudian tumis seluruh bumbu halus. Tunggu hingga tercium bau harum, setelah itu masukkan ikan tongkol yang telah disuir atau dipotong tipis-tipis tadi, aduk hingga ikan nya tercampur dengan tumisan bumbu halus tadi. 

Setelah tercampur rata tambahkan daun salam kedalam nya, jangan lupa masukkan juga daun kari, serai yang telah dimemarkan tadi, asam sunti dan daun pandan. Aduk hingga merata.


Setelah itu masukkan santan kedalam nya serta bubuk kunyit, garam daun gula pasir. Masak hingga matang dan mengering. Setelah dirasa cukup kering nya (sesuai selera) jangan lupa taburi irisan cabai merah, aduk hingga rata, dan siap untuk dihidangkan.

Sumber:

www.google.co.id

No comments:

Post a Comment