bitter.io - Free bitcoin, bitcoin advertising, ptc BTCClicks.com Banner

Manfaat Bawang Putih

Jika kita beli nasi goreng atau mie goreng, pasti si penjual akan memulai dengan memasukkan bawang putih sebagai langkah pertama dalam memasak. Bawang putih sudah sejak dahulu sebagai bahan utama masakan.

Allium sativum, nama latin dari bawang putih tidak hanya berhenti sebagai bumbu dapur saja. Manfaat bawang putih rupanya ada banyak. Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa bawang putih memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, baik itu manfaat bawang putih untuk kesehatan, manfaat bawang putih untuk kecantikan, maupun manfaat bawang putih untuk wajah.

Cara mengaplikasikannya pun beragam. Bisa dengan dimakan mentah-mentah dengan mengesampingkan rasanya dan bau mulut sesudah makan bawang putih, bisa juga dijus, atau Anda punya cara sendiri untuk merasakan manfaat bawang putih.


Bawang putih merupakan salah satu herbal yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik dan di butuhkan oleh tubuh. Bawang putih sangat tinggi kandungan vitamin C dan Kalsium serta zat besi.
Berikut adalah ringkasan dari nutrisi yang diberikan oleh bawang putih per 136 Gr bawang putih:
  • Vitamin C; Memenuhi 71 % kebutuhan harian
  • Kalsium; Memenuhi 25 % kebutuhan harian
  • Besi; Memenuhi 13 % kebutuhan harian
  • Karbohidrat (45 gr); 15 % kebutuhan harian
  • Serat (3 g); memenuhi 11 % kebutuhan harian.
Nutrisi yang terdapat dalam kandungan bawang putih ini sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, namun uniknya ia tidak mengandung zat atau nutrisi yang mungkin berbahaya bagi tubuh jika terlalu besar seperti lemak jenuh dan kalori.
Setelah anda mengetahui nutrisi yang terkandung di dalam bawang putih maka kami akan memberikan bocoran apa saja manfaat yang terdapat di dalam bawang putih tersebut.

1. Menurunkan Darah Tinggi

Bawang putih mengandung antioksidan dan juga allicin. Kedua senyawa ini memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah tinggi dengan melancarkan sistem peredaran darah dan juga menyehatkan arteri.

2. Mencegah Kanker

Senyawa sulfur bioaktif pada bawang putih diyakini memiliki efek pada setiap tahap pembentukan kanker. Senyawa ini dapat mempengaruhi proses biologis sehingga kanker tidak sempat dan tidak jadi terbentuk. Hal ini juga dikarenakan kandungan PhIP, salah satu bentuk dari amina heterosikli (HCA) yang dapat memicu kanker payudara pada perempuan akan dihambat perkembangannya serta diubah menjadi karsinogen yang dilakukan oleh zat diallyl sulfida.

3. Membasmi Kolesterol Jahat

Mengkonsumsi bawang putih secara teratur sudah terbukti dapat meningkatkan produksi insulin pada tubuh. Dan juga secara signifikan dapat memangkas kolesterol jahat atau LDL hingga 15%. Tidak perlu khawatir, karena bawang putih tidak akan mempengaruhi kolesterol baik (HDL).

4. Sebagai Antioksidan Serta Anti Virus, Anti Bakteri, dan Anti Jamur Yang Sangat Ampuh

Khasiat paling populer dari bawang putih adalah sumber antioksidan yang sangat kaya dan tentunya dibutuhkan oleh tubuh. Bukan hanya untuk mencegah, bawang putih juga dikenal sebagai anti virus dan bakteri, zat yang terkandung dalam bawang putih ini dapat membantu mencegah perkembangan bakteri, jamur, ragi, dan virus serta cacing dalam tubuh.
5. Untuk Kecantikan Kulit

Tidak hanya kesehatan yang ditopang oleh bawang putih, seperti halnya manfaat mentimun, bawang putih juga memberikan manfaat sangat baik untuk kecantikan kulit.
  1. Membersihkan komedo. Komedo sering muncul didaerah hidung dan menggangu penampilan. Cukup haluskan bawang putih, lalu oleskan pada daerah yang dihinggapi komedo.
  2. Menghilangkan noda bekas luka. Bekas luka terkadang membuat kurangnya rasa percaya diri bagi yang memlikinya. Manfaat bawang putih, memberikan sifat anti radang yang mampu membersihkan sisa luka pada kulit. Oleskan bawang putih pada bagian noda luka tersebut.
  3. Obat jerawat. Satu siung bawang putih yang dihaluskan lalu balurkan pada permukaan kulit yang terdapat jerawat, kemudian diamkan 10 menit atau gunakan saat sebelum tidur. Keesokan harinya, jerawat akan mengempes dan lebih kecil, lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil optimal.
6. Menghilangkan Sakit Gigi

Bawang putih terkadang dapat bermanfaat pada saat kritis atau mendesak ketika anda mengalami sakit gigi, wahh ?? kenapa yah ? Sakit gigi secara umum disebabkan oleh bakteri yang terdapat pada gigi anda. Sifat anti virus serta bakteri yang ada pada bawang putih dapat membasmi dan menghilangkan bakteri penyebab sakit gigi. Selain itu ia juga memiliki kandungan analgesik yang ampuh untuk mengatasi sakit gigi anda.
7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Dengan lancarnya sistem metabolisme tubuh seperti yang telah dijelaskan pada poin 8, maka lemak yang tertumpuk pada bagian tertentu pada tubuh akan berkurang karena kini Anda mempunyai sistem metabolisme tubuh yang lebih baik.

8. Mencegah Demensia dan Alzheimer

Mengkonsumsi bawang putih dalam jumlah banyak terbukti dapat meningkatkan enzim antioksidan pada tubuh, hal ini akan mendukung mekanisme perlindungan tubuh terhadap kerusakan oksidatif sehingga dapat mencegah alzheimer dan demensia.

9. Mengobati Keputihan

Bawang putih sudah merupakan resep herbal turun temurun dikarenakan zat-zat yang mengandung sifat antibakteri dan antijamur. Cara mengobati keputihan dengan bawang putih dapat dikatakan cukup efektif. Mengkonsumsi bawang putih secara rutin bahkan dapat menghambat bakteri masuk pada area kewanitaan Anda. Anda bisa mengkonsumsi bawang putih dengan cara apapun asalkan rutin dan teratur. Begitulah cara mengobati keputihan dengan bawang putih.

10. Mengobati Sinusitis

Sifat anti bakteri pada bawang putih akan membantu mengurangi radang di rongga hidung sehingga bernapas akan menjadi lega dan juga mengurangi sakit kepala yang disebabkan oleh sinusitis.

11. Mengobati Flu

Tidak hanya sinusitis saja, bahkan bawang putih juga dapat mengobati flu. Sifat anti bakteri dan anti mikroba akan membasmi bakteri dan mikroba penyebab flu.

12. Menambah Gairah Seksual Bagi Kaum Lelaki

Manfaat bawang putih untuk pria adalah untuk menambah gairah seksualitas.
Bawang putih mengandung aliccin, yaitu zat yang berfungsi melancarkan peredaran darah pada organ seksual.


13. Untuk Meningkatkan Metabolisme Zat Bei

Riset terkini mengenai bawang putih telah menunjukkan bahwa ia sangat ampuh dalam memboost metabolisme zat besi. Zat besi disimpan dalam sel yang terdapat pada tubuh kita, aktivitas selanjutnya adalah pemindahan keluar dari sel dan kembali dalam sirkulasi tubuh yang tentu membutuhkan protein yang dinamakan ferroportin. Ferroportin adalah protein yang berjalan melintasi membran sel, dan menyediakan jembatan bagi zat besi untuk menyeberang dan meninggalkan sel. Bawang putih dapat meningkatkan produksi protein ini sehingga membantu menjaga zat besi yang beredar dalam tubuh sesuai dengan kebutuhan.
14. Mengobati Psoriasis

Psoriasis merupakan penyakit kulit yang terjadi karena peradangan seperti kulit mengelupas, gatal, dan disertai nyeri. Sifat anti-inflamasi pada bawang putih dapat mengobati penyakit tersebut. Anda bisa memakan mentah bawang putih bisa juga dengan mengoles-oles bawang putih pada kulit yang mengalami peradangan.

15. Menghilangkan Jamur Di Kaki

Sifat anti-inflamasi dapat mengobati hingga sembuh jamur kaki dan juga dapat mengeringkan luka dan menyamarkan bekas jamur kaki.

Itulah 15 manfaat dari bawang putih.

Ada beberapa cara penyajian bawang putih yang mungkin dapat anda jadikan alternatif untuk dinikmati atau bagi kesehatan anda.
  • Di tumis, masakan apa saja pasti membutuhkan bawang putih, jika anda ingin mendapatkan efek manfaatnya setidaknya anda dapat menambah beberapa butir lagi.
  • Di campur dengan kecap, iris atau haluskan dan campurkan dengan kecap cukup menarik untuk di konsumsi.
  • Di buat sambal
  • Di buat cuka/kuah kerupuk/empek-empek
  • Dimakan langsung, jika anda bisa, dimakan langsung akan memberikan efek yang bagus.
Dari 15 manfaat bawang putih tersebut tentunya mempunyai efek samping. Berikut efek samping dari bawang putih:

  • Efek samping pada kulit,  Jika anda menggunakannya untuk kulit, bawang putih sangat “berbahaya” jika anda oleskan terlalu tebal karena akan menyebabkan seperti bekas terbakar.
  • Kehamilan dan menyusui: Bawang putih KEMUNGKINAN AMAN pada kehamilan ketika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Bawang putih mungkin tidak aman bila digunakan dalam jumlah besar dalam kehamilan dan menyusui. Tidak ada informasi yang cukup dapat diandalkan tentang keamanan menggunakan bawang putih pada saat sedang hamil atau menyusui.
  • Anak-anak. Bawang putih mungkin AMAN ketika diminum dan tepat untuk jangka pendek pada anak-anak. Tapi bawang putih mungkin tidak aman ketika diminum dalam dosis besar. Beberapa sumber menyatakan bahwa dosis tinggi bawang putih bisa berbahaya atau bahkan fatal bagi anak-anak; Namun, alasan untuk peringatan ini tidak diketahui. Tidak ada laporan kasus yang tersedia efek samping yang signifikan atau kematian pada anak-anak terkait dengan mengkonsumsi bawang putih.
  • Pendarahan. Bawang putih, terutama bawang putih segar, dapat meningkatkan perdarahan.
  • Masalah Pencernaan. Bawang putih dapat menyebabkan iritasi saluran gastrointestinal (GI). Gunakan dengan bijak jika anda mengalami masalah dengan pencernaan atau fungsi lambung.
  • Operasi/Bedah: Bawang putih mungkin dapat menyebabkan perdarahan. Berhenti mengkonsumsi bawang putih setidaknya dua minggu sebelum jadwal operasi.
Sumber:

www.google.co.id

No comments:

Post a Comment